Tunjukkan Komitmen Dukung Kemajuan Wartawan, PT Inalum Gelar Seminar Fotografi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


HUT Pancasila


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

Idul Fitri


 

08 Oktober 2024

Tunjukkan Komitmen Dukung Kemajuan Wartawan, PT Inalum Gelar Seminar Fotografi

Batu Bara, suarakpk.com - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan kemampuan jurnalis di Kabupaten Batu Bara dengan mengggelar seminar fotografi bertajuk “Fotografi Jurnalistik sebagai Mata Dunia” di Gedung MPH Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka. Selasa (08/10/2024).


Dalam sambutan Manager Humas PT Inalum Chandra Gunawan Dalimunthe  menyampaikan, tujuan seminar ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para jurnalis dalam mengambil gambar yang lebih tajam dan berkualitas.

"Melalui seminar ini, kami berharap rekan-rekan media dapat lebih terampil dalam menghasilkan foto yang menarik dan informatif. Kami ingin memastikan bahwa liputan yang disajikan kepada publik memiliki kualitas visual yang mendukung penyampaian pesan," ujar Candra.

Chandra juga menegaskan bahwa ini adalah upaya PT Inalum dalam mendukung media yang menghasilkan berita-berita berimbang.

“Kami dari PT Inalum akan terus mensupport kegiatan yang positif seperti ini, dan tentu mendukung media yang berperan aktif dalam membangun daerah melalui informasi yang akurat dan seimbang,” tambahnya.

Seminar ini tidak hanya memberikan pelatihan teknis, tetapi juga membahas aspek seni dan komunikasi dalam fotografi jurnalistik.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Batu Bara Muhammad Amin menjelaskan pentingnya fotografi dalam dunia jurnalistik.

"Fotografi adalah seni melukis dengan cahaya, di mana cahaya menjadi elemen paling vital. Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan, sehingga menghasilkan gambar yang mampu menyampaikan pesan kepada publik," jelasnya.

Amin menekankan bahwa foto yang diambil oleh jurnalis tidak hanya sekadar gambar, tetapi merupakan alat komunikasi visual yang sangat penting.

"Pada akhirnya, tujuan dan hakikat dari fotografi adalah komunikasi. Sebuah foto jurnalistik harus mampu bercerita dan menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif." Katanya.

Lanjutnya, PT Inalum sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas dan kompetensi para jurnalisme P yang berperan sebagai jembatan informasi antara masyarakat dan berbagai pihak.

Dia berharap seminar ini dapat memperkuat kualitas peliputan visual yang akan disajikan ke masyarakat, sehingga berita yang diterbitkan lebih informatif dan kredibel.

"Kami sangat mengapresiasi PT Inalum atas inisiatifnya dalam mengadakan seminar ini, mudah-mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan kami sebagai jurnalis untuk menghasilkan karya-karya visual yang lebih baik dan bermakna," ujar Amin

Seminar ini menjadi langkah positif dalam mempererat hubungan antara PT Inalum dan media, sekaligus memperkaya keterampilan para jurnalis dalam mendukung tugas mereka menyampaikan berita yang berkualitas.

Kegiatan seperti ini diharapkan dapat rutin dilaksanakan agar para jurnalis Batu Bara semakin kompeten dalam tugas jurnalistik mereka, khususnya dalam hal visual dan fotografi.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, peran foto dalam jurnalistik semakin penting.

Oleh karena itu, upaya PT Inalum ini dianggap sangat strategis dalam meningkatkan kualitas informasi yang disajikan kepada publik, terutama dalam konteks pembangunan daerah yang berkelanjutan." pungkasnya. 

Kegiatan ini berjalan sukses yang dihadiri Staff humas Inalum Muhammad Zuhri, Suriono, humas PT Indonesia Aluminium Aloi (IAA) Fajar Dzilikram beserta rekannya dan narasumber Ferdi Siregar serta puluhan wartawan yang ada di Kabupaten Batu Bara.

(Nasly) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)