Saka Wanabakti Praktek Tebang Penjarangan di RPH Jati kusumo BKPH Kedung jambu KPH Randublatung - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 Oktober 2024

Saka Wanabakti Praktek Tebang Penjarangan di RPH Jati kusumo BKPH Kedung jambu KPH Randublatung



Blora, suarakpk.com - KPH Randublatung bersama Saka Wanabakti adakan kegiatan Praktek Tebang Penjarangan di petak 124A  masuk RPH Jatikusumo BKPH Kedungjambu. Minggu (29/09/2024).

Saka Wanabakti KPH Randublatung adakan Kegiatan praktek Tebang Penjarangan pada hari Minggu tanggal 29 September 2024 di petak 124A RPH Jatikusumo BKPH Kedungjambu, hadir pada kesempatan tersebut Asper KBKPH kedungjambu  Lasno, KSS Kompers  Junaidi,  Mandor Tebang Samsudi, serta adik - adik Saka Wanabakti kurang  17 orang.

Administratur KPH Randublatung Herry Merkusiayanto Putro melalui Asper BKPH Kedungjambu Lasno menyampaikan Alhamdulillah terima kasih kepada adik - adik Saka Wanabakti Pangkalan KPH Randublatung yang sudah hadir untuk mengikuti kegiatan praktek tebang penjarangan di pt 124A RPH Jatikusumo BKPH Kedungjambu. Kami sangat senang adik - adik melakukan kegiatan yang positif pada hari ini. Perlu adik ketahui bahwa bahwa saat ini kita berada di lokasi tebang penjarangan yaitu tebang pilih pada tanaman muda yaitu tebang penjarangan dengan system Pecel Teri, maksudnya bahwa tebangan ini di lakukan dengan tujuan silvikultur yaitu memilih pohon  yang tidak produktif istilah Pecel Teri tadi. Yaitu pohon berpenyakit seperti mati kering, pucuknya mengering dan ada tanda - tanda akan mati, cacat, tertekan dan inger - inger. Dengan harapan di akhir daur kita dapatkan pohon jati yang berkwalitas baik batang lurus dan diameter yang besar. Jelasnya 


Junaidi KSS Hukum Kepatuhan Agraria dan komunikasi Perusahaan sebagai Sekretaris Pin Saka menambahkan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan praktek lapangan setelah adik - adik mendapatkan materi di sanggar. Tanyakan apabila ada yang kurang faham, nanti dilapangan akan dijelaskan lebih detail oleh Kak Samsudi sebagai mandor tebang. Pesan saya hati - hati dal mengikuti praktek karena di tebangan rentan dengan hal - hal yang tidak kita inginkan. Tetap semangat untuk menimba ilmu di Saka Wanabakti dan jadilah generasi yang cinta lingkungan, cinta hutan dan cinta terhadap alam untuk keberlangsungan kehidupan. Tambahnya.


Sementara itu, dari Dewan Saka, devian menyampaikan. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Kakak - Kakak management KPH Randublatung yang sudah membantu adik - adik dalam kegiatan ini. Semoga adik -adik lebih bisa memahami apa itu tebang penjarangan. Sehingga menambah wawasan dibidang tebangan serta pengalaman baru yang tidak kami dapatkan di sekolah, khususnya bidang tebang penjarangan,” imbuhnya.(Dwi/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)