Pemdes Bangklean Berikan Bantuan Kambing untuk Program Ketahanan Pangan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Oktober 2024

Pemdes Bangklean Berikan Bantuan Kambing untuk Program Ketahanan Pangan


 

Blora, suarakpk.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bangklean, Kecamatan Jati, Rabu (09/10/2024), memberikan bantuan kambing sebanyak 25 ekor kepada warga kurang mampu. Bantuan ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan, yang dananya diambil dari pos Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024 sebesar Rp50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Pemdes Bangklean secara rutin mengalokasikan Dana Desa untuk program ketahanan pangan, berupa pemberian kambing gratis kepada warga yang membutuhkan.


Dalam sambutannya, Kepala Desa Bangklean, Mulyono, berpesan kepada penerima bantuan agar memelihara kambing-kambing tersebut dengan sungguh-sungguh. Ia berharap kambing yang dipelihara dapat hidup dengan baik, berkembang biak, dan memberikan manfaat ekonomi bagi penerima. Mulyono menjelaskan bahwa beberapa kambing yang diberikan sudah dalam kondisi hamil. Jika dirawat dengan baik, kambing dapat melahirkan dua kali dalam setahun dengan jumlah anak 2-3 ekor. Ia juga mengingatkan agar warga yang ingin menjual kambingnya lebih baik menjual anak kambing, bukan induknya, untuk keperluan mendesak.


Selain itu, Mulyono juga menyampaikan beberapa hal terkait Pilkada dan kesehatan masyarakat. Ia mengajak seluruh warga untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). "Perbedaan pilihan adalah hal yang wajar. Mari kita ciptakan suasana desa yang aman, sejuk, dan kondusif. Kita semua adalah saudara, silakan memilih sesuai hati nurani masing-masing," pesan Mulyono.



Di bidang kesehatan, Mulyono menyampaikan bahwa pada tahun depan Desa Bangklean akan memiliki Balai Kesehatan Desa (BKD) yang akan melayani pemeriksaan kesehatan dan kelahiran bayi. Dengan adanya BKD, warga tidak perlu lagi pergi ke wilayah Kabupaten Ngawi. Selain itu, BKD juga akan membantu pengurusan BPJS bagi warga desa. Puskesmas Pembantu yang baru dibangun juga akan mulai beroperasi tahun depan dan diharapkan dapat melayani warga di Dukuh Ledok, Sengon, dan Bendo.


Salah satu warga penerima bantuan kambing dari Dukuh Growong, Jurianto, mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Bangklean dan Kepala Desa Mulyono. Ia berjanji akan merawat kambing tersebut dengan baik agar bisa berkembang biak dan meningkatkan pendapatan keluarganya. "Di Dukuh Growong, pakan kambing cukup melimpah, jadi mudah-mudahan kambing ini bisa cepat beranak," ucapnya.


(Dwi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)