Pelaku Cabul, Korban 4 Anak Dibawah Umur Diamankan Polresta Surakarta - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

17 Oktober 2024

Pelaku Cabul, Korban 4 Anak Dibawah Umur Diamankan Polresta Surakarta


 

Kota Surakarta, Suarakpk.com -- Polda Jateng-Kepolisian Resor Kota ( Polresta) Surakarta mengamankan pelaku yang diduga melakukan pencabulan dan persetubuhan terhadap anak bawah umur hingga hamil.


Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi mengatakan bahwa hari ini pihak Polresta Surakarta akan melakukan release terkait ungkap kasus tindak pidana perbuatan cabul  dan persetubuhan anak dibawah umur  hingga korban hamil yang dilakukan oleh pelaku berinisial Y (43) Warga Tempen Pasar Kliwon terhadap korban  inisial B1 (16) di rumah orang tua korban di Gabudan Pasar Kliwon kota Surakarta.


"Saat ini Pelaku sudah berhasil diamankan. Hubungan antar pelaku dengan korban, yakni pelaku Y merupakan paman dari korban, " kata Kombes. Pol Iwan didepan awak media saat konferensi pers, Kamis (17/10/2024).


"Pelaku melakukan aksi bejatnya terhadap korban sudah sering kali dilakukan di tempat yang berbeda yakni di rumah korban dan rumah pelaku disaat situasi rumah sedang sepi," jelas Kapolresta. 


Kapolresta mengungkapkan bahwa ada 4 orang korban dari perbuatan cabul yang dilakukan oleh pelaku, rata - rata korban masih berumur belasan tahun dan masih berstatus pelajar saat pelaku melakukan aksinya.


Adapun modus pelaku melakukan persetubuhan terhadap korban dengan iming - iming setelah melakukan persetubuhan tersebut, pelaku memberikan uang sebesar Rp. 50.000,- serta melakukan pemaksaan terhadap korban.


Dan pelaku sudah melakukan persetubuhan kepada korban B1 sejak bulan Mei 2022 hingga tanggal 20 Juli 2024 sehingga korban mengalami hamil 3 bulan.


Selain itu pelaku juga melakukan perbuatan cabul terhadap 2 korban lagi dengan cara meraba bagian atas korban di alas karet daerah Polokarto Sukoharjo dengan modus diajak main serta diajarin naik sepeda motor.


Pelaku saat ditanya pertama kali mengelak kalau dirinya sudah melakukan perbuatan cabul dan persetubuhan terhadap korban, namun saat dilakukan penyelidikan terhadap korban dan korban mengakui sudah sering dicabuli dan di setubuhi oleh pelaku sehingga mengalami kehamilan.


Atas pengakuan korban tersebut, selanjutnya pelaku mengakui perbuatannya. dan akhirnya terbuka bahwa korban pencabulan yang dilakukan oleh pelaku sebanyak 4 orang.


Awal mulanya sekitar bulan agustus 2024, ibu korban  curiga terhadap  anaknya/korban ( B1 ) sering meminta mangga muda, kemudian ibu korban meminta tolong kepada kakak korban ( B2 ) untuk membeli test pack, selanjutnya kakak korban mengajak korban pergi jalan-jalan.


sesampai dirumah, korban di test pack oleh kakaknya disaksikan oleh ibunya, ternyata korban positif hamil, kakaknya menanyakan siapa yang menghamili, korban mengakui yang melakukan persetubuhan tersebut adalah Pelaku Y (paman korban) yang biasa di panggil “ayah” oleh korban.


Kapolresta menegaskan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku akan dikenakan Pasal 81 dan pasal 82 Undang -Undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang - Undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi undang-undang dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp. 5.000.000.000,- ( lima milyar rupiah ).


(Arief/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)