Wujudkan Pilkada Damai, Tim Siber Polres Jepara Masifkan Patroli Dunia Maya - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

10 September 2024

Wujudkan Pilkada Damai, Tim Siber Polres Jepara Masifkan Patroli Dunia Maya


 

Jepara, Suarakpk.com -- Tim Siber Polres Jepara secara masif melakukan patroli dunia maya mengantisipasi hoaks menjelang Pilkada 2024. Tim tersebut gabungan dari Satreskrim dan Sihumas. 


Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasi Humas Iptu Rusiyanto selaku Kasatgas Humas Ops Mantap Praja Candi 2024-2025 mengatakan, bahwa tim Siber ini bergerak sejak jauh-jauh hari untuk mengawasi kabar hoaks di media online maupun media sosial. 


Patroli Siber dilakukan setelah Bawaslu mengeluarkan indeks kerawanan Pilkada. 


"Kita tahu jadwal kampanye itu singkat, artinya Cabup maupun Cagub hingga para tim sukses pasti akan menggunakan ruang digital. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan berimbas munculnya berita hoaks," ujar Iptu Rusiyanto, Senin (9/9/2024).


Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman yang ada munculnya hoaks justru akan menimbulkan polarisasi. Dampaknya masyarakat akan terpecah menjadi dua.


Jika ditemukan publikasi hoaks atau adu domba, tim Siber akan memberikan pesan khusus agar segera di takedown. Jika tetap membandel, maka akan dilakukan tindakan tegas. 


"Kami mengimbau masyarakat untuk bijak dalam penggunaan medsos, baik itu kepentingan berpolitik maupun yang lainnya," pungkasnya.


(Arief/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)