Panwaslu Medang Deras Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

22 September 2024

Panwaslu Medang Deras Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan

Batu Bara,suarakpk.com - Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Medang Deras gelar sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan gubernur/Wakil gubernur dan bupati/wakil gubernur Tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di futsal coffee jalan access road inalum Desa Pakam, Kecamatan Medang Deras,  Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara Minggu (22/09/2024) pukul 09.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib. 

Hadir sebagai narasumber (narsum) Kordinator divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa (Kordiv P3S) Kabupaten Batu Bara Amin Rais Harahap S. H  dan Ketua PWI Kabupaten Batu Bara Muhammad Amin. 

Hadir Koordinator Sekretariat Sahlan
Ketua Panwaslu Medang Deras Ismail Ginting, Anggota Panwaslu Medang Deras Syahnur Ali dan Muhammad Murhim. 

Peserta dari kegiatan ini Pemuda Pancasila, IPK, SAPMA PP, AMPI, BKPRMI, Pemuda Kristen Indonesia, MUI, Al Washliyah, GPA, IPA, Pramuka, komunitas disabilitas, Komunitas E Sport Mobile Legend, Komunitas Barista Kopi, Komunitas Mangrove, KNPI, Kelompok Tani Hutan anggota PWI Kabupaten Batu Bara M. Yusuf, Komunitas Pagurawan Bertauhid, HNSI serta komunitas lainnya yang ada di Kecamatan Medang Deras. 

Ketua Panwaslu Medang Deras Ismail Ginting saat membuka acara dimaksud menyampaikan sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilihan tahun 2024.

Ketua PWI Batu Bara Muhammad Amin dalam paparannya menyampaikan, Undang Undang No. 7 tahun 2017 pasal 101 yang mengamanatkan Badan Pengawas Pemilu sebagai badan yang bertugas mengawasi proses demokrasi elektoral mulai dari Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada), dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Sebagai badan yang diamanatkan secara konstitusional dalam hal pengawasan pemilu, sebuah inovasi dibutuhkan dalam meningkatkan nilai guna pengawasan untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas. 

Dia juga berharap para peserta dapat berperan mengawasi Pilkada 2024 yang bertujuan agar proses pemilihan dapat berjalan aman, nyaman dan kondusif tanpa money politik. 

" Mengingat tugasnya dalam agenda pemilu, kebutuhan akan inovasi Bawaslu merupakan salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan kualitas pemilu, " kata Muhammad Amin

Sementara Kordinator divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa (Kordiv P3S) Kabupaten Batu Bara Amin Rais Harahap S. H mengajak masyarakat dan kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Beliau juga mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi tingkat kabupaten di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara. 

" Saya berharap mari sama-sama kita awasi proses pemilihan supaya Pilkada ini bisa lebih berkualitas, " harapnya mengakhiri. 

Acara sosialisasi ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Bawaslu dan Doa dibawakan oleh Ketua Gerakan Pemuda Al Washliyah Hamid Alfaridho. 

(Amy) 


1 komentar:

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)