Acara Jerami Fest 3 di Pangebatan Karanglewas Kab.Banyumas di Hadiri Pj Gubernur Jateng - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

18 September 2024

Acara Jerami Fest 3 di Pangebatan Karanglewas Kab.Banyumas di Hadiri Pj Gubernur Jateng


 

Banyumas, Suarakpk.com - Kembali diadakan acara Jerami Fest yang ke 3 di desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Acara Pembukaan Jerami Fest 3 tersebut diadakan pada Selasa(17/9/24) di mulai sekira pukul 13.30 Wib siang dengan diawali pembukaan Kolosal 500 Cowongan dan 1000 penari.


Agus Suroto SH selaku Lurah Pangebatan memberikan penjelasan bahwa Acara Jerami Fest diadakan setiap bulan September setelah panen petani ,dan acara seperti ini sebenarnya sudah lama, tiap tahun mengadakan event untuk para petani dengan tujuan untuk memuliakan para petani, khususnya warga masyarakat Pangebatan. Acara ini mutlak dari Seniman desa Pangebatan serta Budayawan Pangebatan. Harapan kami mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi event yang sangat luar biasa ,menggemparkan tidak hanya Nasional tapi sampai Internasional ,karena didukung oleh seniman-seniman yang ada di desa Pangebatan serta  Kabupaten Banyumas semuanya terlibat, mereka semua dengan sukarela tanpa bayaran, mengingat ini sebuah pesta rakyat terutama para petani, pungkasnya.


Pada acara Jerami Fest 3 tersebut juga dihadiri Camat Karanglewas Dwi. Saat ditemui Beliau menuturkan,'Kami tentunya sangat mengapresiasi acara Jerami Fest 3 ini dan kegiatan ini merupakan salah satu potensi lokal yang ada di Kecamatan Karanglewas ,khususnya desa Pangebatan dengan antusias nguri-uri budaya yang bisa memberikan manfaat pada masyarakat. Dan ini bentuk agenda tahunan  yang terus kita lestarikan, mudah-mudahan nanti berbagai potensi bisa lebih kreatif lagi, jelasnya.


Pada acara tersebut juga di hadiri Titut seorang seniman sekaligus Budayawan sejati. Titut menjelaskan ,' Sebelum nama Jerami Fest beberapa tahun lalu saya menggunakan nama Pentas Seni Petani. Dan nama Jerami Fest ini digunakan baru ke 3 ini. Dan acara ini tujuannya untuk memperkenalkan pada anak cucu, bahwa jangan sampai lupa untuk ketahanan pangan, dan ini bukan murni tentang berkesenian tapi ada tujuan seni saya adalah seni petani atau seni agrari ,dimana Indonesia itu harus tanggap terhadap ketahanan pangan. Jadi Jerami Fest itu Petani yang seniman, Senimannya Petani,' tandasnya.


Sukirlan Ketua Goramas(Gotong royong Keluarga Banyumas) selaku Sahabat Titut juga hadir dalam acara Pembukaan Jerami Fest 3. Saat di tanya oleh awak media beliau mengatakan,' Acara ini luar biasa karena hal ini akan membangkitkan cinta masyarakat terhadap seni, dan kami Goramas sangat mendukung dan semoga ada berkelanjutan. Tak lupa kami ucapkan selamat buat Kang Titut yang tercinta,' tandasnya.


Di sisi lain Pj Bupati atau yang mewakili yaitu Setya Raharja menuturkan,' Seni Pertunjukan inikan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat, dan kami mewakili Pj Bupati Banyumas mengapresiasi ,memberikan suatu penghargaan yang luar biasa tentunya untuk masyarakat desa Pangebatan. Kami melihat banyak dukungan dari berbagai pihak. Harapan kami kedepan supaya terus lebih baik,' pungkasnya.


Acara Jerami Fest 3 yang sangat menginspirasi ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Tengah atau yang mewakili yaitu Indro. Beliau berpendapat dan mengaku senang di selenggarakannya acara Jerami Fest 3 tersebut aspirasi masyarakat bisa tercurahkan. Karena ada pelaku budaya,pelaku seniman yang tentunya mendukung terwujudnya event seperti ini. Hal inilah yang diharapkan, di sektor wisata yang terus berkembang hingga aspirasi masyarakat tersalurkan,' tandasnya kepada awak media.



Acara yang Spektakuler Pembukaan Jerami Fest 3 betul-betul memukau para penonton, dan berlangsung hingga pukul 16.30 sore.


Untuk jam 19.30 Wib malamnya menampilkan Perform Band Zee Up yang cukup terkenal di Purwokerto. Puluhan lagu dibawakan untuk menghibur warga masyarakat Pangebatan. Grup Band ZEE'UP yang di motori oleh Eka tersebut cukup memukau penonton. Terlihat juga beberapa penonton yang unjuk kebolehan menyumbangkan suara emasnya. Grup Band Zee'up mengakhiri pertunjukannya hingga pukul 23.00 malam dengan tembang terakhir lagu dangdutan. Acara Jerami Fest berlangsung 5 hari yaitu hingga hari sabtu(21/9/24).



( Har/Red )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)