Sosialisasi Pembangunan Embung Di Daerah Kekeringan Desa Pengkoljagong Kabupaten Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

30 Juli 2024

Sosialisasi Pembangunan Embung Di Daerah Kekeringan Desa Pengkoljagong Kabupaten Blora


 

Blora,suarakpk.com - Sosialisasi pembangunan Embung  di Desa Pengkol jagong kec Jati kab Blora yang di lakukan oleh BBWS Bengawan solo bersama DPUPR, (SDA) kabupaten Blora, bertempat di pendopo balai desa Pengkol Jagong senin,(29/07/2024).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Satker ATAP BBWS Bengawan solo bersama tim,kabit ada DPUPR Blora,surat.S.T., M.T.,sekcam Jati  Ir Bambang ,Ndanramil 11/Jati kapten Inf Suyadi,dari Polsek jati diwakili Babinsa desa Aipda Pujiyanto.,kades Pengkol jagong , Sugiyono,S.Pd.M,PD.,serta masyarakat dukuh Rejosari ,dan dukuh Belikan.

Dalam sambutan sekaligus membuka sosialisasi kades Pengkol jagong Sugiyono mengucapkan," banyak terima kasih kepada warga yang sudah hadir di pendopo balai desa,dan satker ATAP BBWS Bengawan Solo Nely Mulyaningsih  bersama timnya,dan kabit SDA PUPR Blora,Surat,S.T.,serta Sekcam Bambang mewakili camat Jati,ndanramil 11/jati kapten Inf Suyadi ,yang sudah berkenan hadir.

dalam sambutannya Sugiyono mengajak warganya untuk menyukseskan program dari pemerintah yaitu pembangunan Embung di desa Pengkoljagong,terutama di dukuh Rejosari/kluwih,dan belikan, yang sudah terpilih menjadi lokasi embung nantinya.embung ini ada 3 titik di Rejosari  ada 2 buah dan di dukuh belikan ada 1 buah Embung.

Sebagai kepala desa dirinya mengajak warganya yang nanti tanah nya terdampak adanya pembangunan Embung ini,terutama untuk mobilisasi alat berat Ekzafator dan truk truk pengangkut galian tanah,  dari lokasi pembangunan  ke jalan desa. Kepala desa minta," warga mendukung program ini, masalah kompensasi tanahnya yang di lewat i alat berat dan truk, nanti bisa di bicarakan bersama.karena nantinya setelah dibangun embung ini juga bisa dimanfaatkan bersama oleh masyarakat sekitarnya.mari kita sukseskan bersama pembangunan embung ini,"Pinta Sugiyono.

Sedangkan surat menjelaskan,"bahwa embung ini di bangun hanya di desa Pengkol Jagong di kecamatan Jati karena lokasi siap

Perangkat /warga ikut mendukung, dan kades Sugiyono juga menyiapkan lahan, berupa tanah bengkok untuk di 3 lokasi embung yang akan di bangun secara swakelola oleh BBWS Bengawan solo yang bekerja sama dengan dinas PUPR SDA  Blora, dan pihak desa Pengkol jagong.Surat berharap warga sekitar lokasi bisa  bekerja sama dan mendukung Pembangunan embung ini,karena semua nantinya juga untuk warga sekitar embung maupun warga dukuh lain yang ada dibawah embung nantinya disekitar embung juga akan dibangun sumur resapan yang berfungsi untuk keperluan warga untuk keperluan keluarga,bukan hanya untuk menyirami tanaman petani di musim kemarau,"jelasnya.

Sedangkan  kabi Nely Mulyaningsih Kasatker ATAB BBWS Bengawan Solo berharap," pelaksanaan pembangunan Embung nantinya tidak ada kendala setelah diadakan sosialisasi di pendopo yang di hadiri Tomas,toga dan pemilik sawah yang terdampak nantinya.segalanya di serahkan kepada pihak desa,karena sukses dan tidaknya pembangunan embung ini ya di warga  dan pemdes Pengkoljagong dari pihak BBWS BS akan bekerja maksimal supaya target pelaksanaan pembangunan 3 titik Embung ini bisa segara selasai.dalam waktu 4 bulan kedepan. Dan pekerjaan ini akan segera dimulai di awal bulan Agustus 2024 sampai selesai," harapnya.

Sedangkan dari dari sekcam Jati bambang dan Ndanramil 11/jati  Kapten Inf Suyadi sama sama mendukung program pembangunan Embung di desa Pengkoljagong dan berharap warga. terutama 2 dukuh ini mendukung sepenuhnya pembangunan ini biar tidak molor dan tepat waktu,"ungkapnya.

data Embung yang akan di bangun di desa pengkoljagong ada 3 Embung .

1.Dukuh rejosari embung 1

Desa Pengkol jagong , kecamatan jati,kab Blora,sumber air hujan ,manfaat  air baku (dusun  Rejosari 61kk ),tinggi embung 2,5meter.kapasitas tampungan .1739.335m3.harapan bisa memenuhi kebutuhan air baku di musim kemarau.waktu pekerjaan 4 bulan.

2. embung Rejosari 2

dusun Rejosari ,desa Pengkoljagong, kecamatan Jati, kabupaten Blora, sumber air hujan, manfaat air baku(dusun Rejosari 61 kk),tinggi Embung 2.5m., kapasitas tampung 1739.335m3.

3.embung 3. dukun belikan, desa Pengkoljagong kecamatan Jati, kabupaten Blora sumber air hujan.manfaat air baku(dusun belikan 53kk),tinggi Embung  2.5m,kapasitas tampungan 3978.938m3.

Selesai sosialisasi  ,diadakan cek lokasi Embung  bersama Satker ATAP BBWS Bengawan Solo Nely Mulyaningsih dan tim dan pihak pemdes dan warga terdampak embung.(Dwi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)