Peringati 'Syuran' Dusun 1 Desa Adisara Jatilawang Banyumas Gelar Tradisi Larungan dan Lengger. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

28 Juli 2024

Peringati 'Syuran' Dusun 1 Desa Adisara Jatilawang Banyumas Gelar Tradisi Larungan dan Lengger.


 

Banyumas, Suarakpk.com - Memperingati datangnya bulan Muharam atau lebih dikenal dengan'Syuran.hari ini Sabtu 27  Juli 2024, Wilayah Dusun 1 Desa Adisara Kecamatan Jatilawang Banyumas, menggelar tradisi Larung dan Kesenian Lengger Banyumas sebagai bentuk atau wujud untuk melestarikan budaya leluhur desa Adisara agar tidak punah dan tetap lestari selamanya.

Kegiatan acara tersebut dilakukan murni dari inisiatif dan swadaya dari masyarakat desa Adisara khususnya Dusun 1,yang dipimpin oleh "Septi Nurchasanah" seorang sosok Kadus perempuan yang sangat merakyat dan dicintai warganya, khususnya warga Dusun 1 Adisara.

adapun untuk kegiatan Larung dan pentas seni Lengger sebagai pencetus kegiatan tradisi Syuran berupa Larung dan pertunjukan seni lengger yang ditampilkan oleh grup seni budaya lengger" Arang Suwung"dari desa Adisara sendiri adalah 'Karseno' atau sering dipanggil' Mbah Darno'yang merupakan tokoh sepuh masyarakat Dusun 1 Adisara.

Tampak hadir dengan antusias warga desa Adisara untuk menyaksikan kegiatan ini, dan bukan hanya dari warga Dusun 1 saja, akan tetapi warga dari lain dusun juga ikut hadir.

Dalam sambutan sebelum dimulai acara Larung dan Pentas Seni lengger,Kepala Desa Adisara,"Tutik Rahmi Relawati" memberikan sambutannya dihadapan warga dan undangan yang hadir menyampaikan," Terimakasih khususnya buat warga Dusun 1 desa Adisara Jatilawang yang sudah dengan swadaya dan penuh kegotongroyongan untuk menyelenggarakan acara ini, sehingga budaya larung dan lengger yang menjadi budaya asli Banyumas bisa selalu terjaga sampai saat ini, kita sebagai warga Banyumas dalam melaksanakan kegiatan Nguri nguri budaya daerah, jangan pernah sekalipun mengabaikan atau melupakan budaya asli, sehingga akan dirusak oleh budaya budaya modern saat ini, yang baik kita ambil dan contoh, yang jelek dan mempunyai potensi merusak kita buang," tutur Tutik R.R. selaku Kades Adisara Jatilawang



( Har/ Red )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)