PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN EMBUNG NGLEBOK CEPU - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Juli 2024

PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN EMBUNG NGLEBOK CEPU

(Ketgam : Sisi luar timur embung nglebok telah diperbaiki) 

BLORA, suarakpk.com Perbaikan/Pemeliharaan embung Nglebok yang berada di wilayah kecamatan cepu kabupaten Blora, 24/07/2024 hampir selesai.


Perbaikan/pemeliharan embung nglebok terus dilakukan oleh pihak  penyedia jasa, dikarenakan masih dalam masa pemeliharan.


Embung yang berdaya tampung kurang lebih 30,000 M3 - 35,000 M3 sempat dilaporkan ke Dinas terkait (DPUPR Blora) oleh sukisman untuk segera diperbaiki.

(Ketgam : sisi dalam embung dengan pasangan rip rap)

Berdasarkan pantauan wartawan suarakpk yang terjun langsung ke lokasi memang ada tanggul tanah yang longsor ringan  tepatnya disisi timur luar area embung  sudah selesai diperbaiki mengunakan alat berat. sedangkan disisi dalam dinding embung ada beberapa titik pasangan Batu kosong (rip rap) mengalami penurunan tapi tidak longsor.


Saat ditemui di lokasi embung mandor/pelaksana pekerjaan Dwi menjelaskan, 

 

"Betul adanya tanggul tanah yang longsor tapi tidak didinding embung, melainkan disisi timur luar embung sudah kami perbaiki serta menambal plesteran yang retak" Jelas dwi. 


Dwi juga mengungkapkan "kalau sisi dalam ada beberapa pasangan Batu kosong (rip rap) ada beberapa titik penurunan dikarenakan tanahnya baru ini sedang kita perbaiki insyaAllah 2-3 hari kedepan sudah selesai semua"ungkap Dwi. 


Saat ditemui ditempat terpisah kepala dinas PUPR Kabupaten Blora melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Ir. Surat., S.T., M.T., mengakui telah menerima laporan dan kritik tersebut.


Saat ini kegiatan pemeliharaan rutin dan perbaikan konstruksi apabila ada yang rusak masih dilaksanakan secara rutin dan berkala oleh penyedia jasa dan  menjadi tanggung jawab dari penyedia jasa di masa pemeliharaan selama 360 hari sejak serah terima pekerjaan yang pertama kali (PHO) pada tanggal 21 Desember 2023 dan akan berakhir pada tanggal 16 Desember 2024. 


Dimasa pemeliharaan ini Penyedia Jasa menyatakan sanggup untuk memelihara hasil pekerjaan selama masa pemeliharaan untuk menjaga kondisi  fisik dan fungsi konstruksi tetap  seperti pada saat penyerahan tahap pertama (PHO). 


Ia menjelaskan, "saat serah terima proyek, pihaknya mengecek pekerjaan telah sesuai spesifikasi. Namun, dengan berjalannya waktu dan curah hujan awal tahun cukup deras terjadi kerusakan bersifat ringan bukan kerusakan Struktural." 


"Saya telah meminta rekanan yang mengerjakan proyek itu untuk segera memperbaiki dan juga Proyek masih dalam masa pemeliharaan. Sehingga, rekanan masih bertanggung jawab melakukan perbaikan dan pemeliharaan,”jelasnya.


Surat juga menambahkan fungsi embung nglebok tersebut, 


"Embung Nglebok berfungsi menampung aliran air dari Wonorejo, nglebok agar tidak langsung ke dalam kota ketika curah hujan deras."


“Embung nglebok juga berfungsi untuk konservasi sumber daya air, dan mendukung irigasi pertanian di daerah sekitar embung, pungkasnya.


(MAR/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)