Pembukaan Festival Ketoprak Gunungkidul 2024 di Auditorium Taman Budaya - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

23 Juli 2024

Pembukaan Festival Ketoprak Gunungkidul 2024 di Auditorium Taman Budaya



GUNUNGKIDUL, Suarakpk.com- Pembukaan Festival Kethoprak Gunungkidul 2024 dengan mengusung tema Cerita Panji digelar di Auditorium Taman Budaya Gunungkidul, Senin (22/7/2024).

"Festival Ketoprak kabupaten Gunungkidul tahun 2024 ini merupakan ajang kompetisi bagi Seniman Seniwati ketoprak di kabupaten Gunungkidul yang tersebar di 18 Kapanewon Kabupaten Gunungkidul," papar Kepala Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan Agus Mantara.

Ia juga menyampaikan, Festival Kethoprak juga sekaligus menjadi upaya pelestarian dan pengembangan dari seni ketoprak di Kabupaten Gunungkidul,

"Festival ini kami selenggarakan selama enam hari, dimulai malam hari ini tanggal 22 sampai dengan tanggal 27 Juni 2024, bertempat di auditorium Taman Budaya Gunungkiidul," kata Agus Mantara.

 Diikuti 18 Kapanewon yang merupakan delegasi dari masing-masing kapanewon di kabupaten Gunungkidul dan nantinya akan ditentukan lima penyaji terbaik,

"Masing-masing penyaji nanti akan diberikan hadiah, selain itu juga ada pemilihan peran perorangan terbaik disetiap kategori," jelas Kepala Dinas Kebudayaan.

Didanai dari Dana Keistimewaan, Agus juga menyampaikan untuk penampil terbaik nantinya akan dikirim menjadi delegasi kabupaten Gunungkidul untuk festival di tingkat lanjutan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Membuka secara langsung Bupati Gunungkidul Sunaryanta  mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Festival Ketoprak Kabupaten Gunungkidul,

"Yang setiap tahun diselenggarakan merupakan satu kegiatan rutin yang ini semua adalah memberikan ruang kepada para generasi untuk melestarikan budaya di Kabupaten Gunungkidul,"

Bupati juga berharap, bagaimana kedepan Kethoprak di Gunungkidul untuk mampu berkompetisi di tingkat Provinsi,

"Mudah-mudahan semuanya akan dapat memberikan inspirasi bagi warga masyarakat sekaligus bagi penerus generasi muda kabupaten Gunungkidul," ucap Bupati.

Selain itu mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Nunuk Setyowati, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Supriyanto, dan penampilan pertama diawali dari Kapanewon Semanu.( Gunawan/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)