Di Muna Ada Dua Kampung Moderasi Agama - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Juli 2024

Di Muna Ada Dua Kampung Moderasi Agama

 

Ketgam : Kepala Seksi Bimas Islam, Laode Abdul Syukur


MUNA, suarakpk.com - 


Salah satu cara untuk mendekatkan pelayanan agama ke masyarakat, maka   Departeman Agama Kabupaten Muna membuat kampung moderasi agama.


Salah satu tujuannya adalah menjaga ketertiban dan mengurangi konflik beragama serta mengokohkan toleransi beragama ditengah tengah masyarakat. 


Kandepag Muna, Drs Kammarudin, MSi melalui Kepala Seksi Bimas Islam, Laode Abdul Syukur menjelaskan bahwa moderasi itu adalah jalan tengah. Tidak kekiri dan tidak kekanan. 


Kampung moderasi ini dilaunching sejak tahun lalu dan untuk tahun ini adalah tahapan pengembangannya 


Ada dua titik kampung moderasi yakni Desa Bangunsari Kecamatan Lasalepa dan Desa Wakobalu Agung Kecamatan Kabangka.


"Kenapa hanya dua desa ini yang terpilih?  Karena Pokja kabupaten yang menunjuk salah satu kriterianya didalam desa itu minimal terdapat masyarakat memeluk dua agama,"jelasnya.


Katanya, saat dilaunching nya kampung moderasi agama, tanggapan masyarakat sangat antusias. Pertama saat kami launching undangan 20 orang tapi yang datang lebih seratusan. 


"Harapan kedepannya adalah untuk ditingkatkan. Karena dalam pengembangan itu ada kelompok kelompok usaha berbasis moderasi. Apalagi ada suplay anggaran dari usaha usaha tersebut,"ungkapnya.


"Insyah Allah bulan depan pengembangan dilaksanakan di dua desa tersebut. Dan diharapakan Pak Kanwil Depag untuk meresmikan langsung sekaligus dirangkaikan dengan pembukaan raker penyuluh seluruh penyuluh se -  Kabupaten Muna,"pungkasnya. (Udin Yaddi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)