PT Inalum Rayakan Panen Perdana Budidaya Melon di Kawasan Aek Songsongan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Pelantikan Presiden


 


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

14 Juni 2024

PT Inalum Rayakan Panen Perdana Budidaya Melon di Kawasan Aek Songsongan

Batu Bara, suarakpk.com - PT Indonesia Asahan Aluminium atau (Inalum) merayakan panen perdana budidaya melon di kawasan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan Jum’at (14/6/2024).

Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin Ende dalam rilis disampaikan Humas Inalum Jumat (14/6/2024) mengatakan, program kolaborasi antara perusahaan dan Karang Taruna kawasan tersebut merupakan komitmen Inalum dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di kawasan sekitar operasional perusahaan.

Komitmen perusahaan dalam mewujudkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk anak-anak muda. Mahyaruddin Ende berharap, kolaborasi kreatif dan produktif ini bisa terus berjalan sesuai program utama Inalum mengembangkan kepada masyarakat dan bisa terwujud.

Inalum sebagai bagian dari Indonesia memiliki komitmen untuk bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khususnya anak muda. “Salah satunya melalui kolaborasi produktif seperti pertanian bermanfaat yang berkelanjutan,’ ujar Mahyaruddin.

Dia menambahkan,Kemitraan ini berbentuk dukungan perusahaan untuk menghadirkan kebun melon dengan memanfaatkan lahan seluas 2,1 hektar di bawah jalur transmisi Inalum.

Di tangan para milenial, profesi petani tidak hanya sekadar aktivitas menanam dan memanen, akan tetapi petani yang lahir di generasi digital ini pun diharapkan bisa menjadi penggerak peningkatan nilai tambah sektor pertanian berbasis teknologi dan informasi yang mumpuni.

Sedangkan, senior VP CSR/TJSL Inalum Daniel JP Hutauruk menyebutkan kerja sama produktif ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan lebih keberlanjutan.

Rencana ke depan tidak hanya melon dan cabai atau bawang saja, tetapi akan mencoba budidaya komoditas agro lain. “Kedepannya, berbagai jenis tanaman dapat menjadi kawasan integrated farming untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian,” kata Daniel dalam giat Panen Perdana Melon di Aek Songsongan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Aek Songsongan Eko Pranolo mengatakan Inalum bersama Pemerintah Kecamatan Aek Songsongan terus mendorong dan memberikan banyak ruang bagi pemuda petani milenial untuk berkreasi dalam pengenalan dan pemanfaatan teknologi pertanian.

PT Inalum tidak hanya berdampak pada peningkatan kapasitas pemuda dalam bidang pertanian, namun pengenalan dan penggunaan teknologi untuk percepatan pengelolaan pertanian tidak luput dari perhatian PT Inalum sebut Eko.

Para Petani milenial yang tergabung dengan Karang Taruna Desa Aek Songsongan sangat berterimakasih kepada PT Inalum dalam program pemberdayaan masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi masyarakat khususnya pemuda dalam bidang pertanian.

Eko Pranolo membuka diri bagi pemuda dan masyarakat sekitar yang berminat untuk belajar bersama mengembangkan pertanian bersama Karang Taruna Aek Songsongan. 

(Amy) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)