Karnaval Budaya Dalam Rangka Sedekah Bumi Dukuh Bapangan Desa Mendenrejo Meriah Sekali. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

14 Juni 2024

Karnaval Budaya Dalam Rangka Sedekah Bumi Dukuh Bapangan Desa Mendenrejo Meriah Sekali.


Blora,Suarakpk.com -  Sedekah bumi dukuh Bapangan desa Mendenrejo, kecamatan Kradenan, kabupaten Blora yang jatuh hari Rabu Kliwon (12/06/2024),dilaksanakan mulai jam 07.00 wib,dengan mengadakan sedekah di makom dilanjut kenduren di situs Gempol yang dihadiri ribuan warga Bapangan dan untuk kegiatan Kirab budaya dalam gunungan hasil panen warga di mulai pukul 10.00 wib. 

Kirab budaya 7 gunungan raksasa ini di mulai di lapangan Joko bodo, dan hiburan puncak ketoprak darin dukuh Bapangan siang malam dan star awal di lepas kades menden, Supari. Selama perjalanan dari star lapangan Joko bodo dan menuju jalan raya dan muter dijalan lorong desa dukuh Bapangan,kurang lebih ada 3 km dan diikuti ribuan warganya,sebelum masuk finis lapangan Joko bodo,para peserta juga mampir untuk foto depan rumah kepala desa Supari  sampai finish,7 gunungan belum diletakkan langsung diserbu warga yang hadir.

Sukardi warga bapangn kepada  media suarakpk.com menjelaskan,"  dirinya yakin dengan merebut dan mendapatkan hasil gunungan merupakan anugrah  tersendiri dan diyakini yang mendapat rebutan buah,hasil pertanian akan mendapatkan hasil pertanian lebih besar dan baik di tahun ini," jelasnya.

Saat konfirmasi kepada kades Supari  Kepada media suarakpk.com menjelaskan," bahwa kegiatan sedekah bumi ini didukung semua warga Bapangan, dan dirinya sebagai kades kebetulan juga warga Bapangan sangat mendukung even budaya dalam sedekah bumi,sebagai sarana pengembangan budaya dan edukasi wisata,dan bisa uri uri budaya adiluhung yang di wariskan leluhur untuk anak cucunya. Masih bisa dilestarikan  sampai saat ini, ini merupakan perwujudan rasa terima kasih seluruh warga nya sebagai petani,yang telah menikmati hasil panen tahun ini yang luar biasa,hasilnya melimpah,"jelasnya.

Supari menambahkan,"sangat berterima kasih kepada warganya khususnya dusun Bapangan yang ada 9 RT dan warga dusun yang ada di desa Mendenrejo,yang sudah melaksanakan sedekah bumi,dengan caranya tersendiri yang di sepakati warga dukuh itu sendiri dan semoga di tahun depan untuk pelaksanaan sedekah bumi bisa meriah lagi,"tambah Supari.(Dwi/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)