Desa Jagoan Gunakan Surya Panel Untuk Meningkatkan Penghasilan Petani - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Pelantikan Presiden


 


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

29 Juni 2024

Desa Jagoan Gunakan Surya Panel Untuk Meningkatkan Penghasilan Petani


Boyolali, suarakpk.com-Seiring berkembangnya teknologi, pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) semakin dilirik, untuk mengatasi persoalan yang muncul dari penggunaan pompa diesel.

Pemerintah Desa Jagoan, Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, mensosialisasikan pembangkit listrik tenaga Surya kepada masyarakat di dusun Jagoan Kamis (27/6/24),dengan harapan bisa mulai memanfaatkan energi surya untuk mengairi sawah nonirigasi agar tidak puso (gagal panen) saat musim kemarau.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) adalah pompa air dengan menggunakan sumber energi listrik dari sinar cahaya matahari melalui panel surya lebih banyak diperguanakan karena tidak membutuhkan tempat atau ruang.

Kelebihan dari pembangkit listrik tenaga surya adalah bisa ditempatkan di mana saja selama panel surya bisa menerima paparan cahaya sinar matahari. Untuk keperluan perumahan, panel surya bisa dipasang di atap rumah atau garasi atau gedung lainnya sehingga tidak memakan tempat. Sedangkan untuk keperluan pertanian atau perkebunan,panel bisa ditempatkan di mana saja.

Menurut Yuliyanto Kepala Desa Jagoan menuturkan, Dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga Surya/panel Surya masyarakat hanya memanfaatkan sumber energi cahaya sinar matahari, maka pompa ini lebih mudah dan hemat biaya dalam operasionalnya, karena tidak membutuhkan biaya solar atau bahan bakar lain, dan tidak ada biaya listrik bulanan (seperti penggunaan listrik PLN). Dalam jangka panjang penggunaan pompa air ini akan menjadi lebih hemat biaya, dibandingkan jika menggunakan pompa air konvensional dengan energi listrik PLN atau menggunakan generator/diesel, tuturnya.

"Pompa Air Tenaga Surya/panel Surya ini juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi seperti pompa air diesel yang bisa menimbulkan polusi udara. Dengan demikian kita bisa ikut menjaga lingkungan hidup di sekitar kita, imbuhnya.

Dengan adanya program ketahanan pangan dari pemerintah ini,semoga bisa memberi solusi masyarakat dalam  bidang pertanian khususnya petani desa Jagoan, saya  berharap dengan adanya panel Surya ini, bisa membuat penghasilan petani lebih meningkat sehingga warga masyarakatnya semakin   maju,makmur gemah ripahl lohjinawi.(Wawan/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)