Forkopimca Bawen dan Elemen masyarakat Kabupaten Semarang Sambut Kedatangan Bhikkhu Thudong asal Thailand Wujud Tolorensi. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

18 Mei 2024

Forkopimca Bawen dan Elemen masyarakat Kabupaten Semarang Sambut Kedatangan Bhikkhu Thudong asal Thailand Wujud Tolorensi.


Semarang, Suarakpk.com - Sebanyak 43 Bhikku Thudong asal Thailand memulai perjalanan spiritual dengan berjalan kaki dari Bukit Kassapa di Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti, Pudak Payung, Kota Semarang, Kamis (16/5/2024) pagi. 

Para bhikku itu berjalan menuju Candi Borobudur di Magelang bertepatan dengan Hari Raya Waisak yang akan jatuh pada Kamis (23/5/2024) pekan depan.

Bhante Kamsai Sumano Mahathera yang memimpin rombongan tersebut mengaku senang dengan sambutan hangat dari warga Semarang sejak kedatangannya pada Rabu (15/5/2024) sore di Vihara Buddha Dipa, di Pakintelan.

Menurutnya, ritual ibadah dengan berjalan kaki bagi para Bhikku Thudong juga sebagai bentuk tirakat meninggalkan hal yang bersifat duniawi menuju tempat suci di Candi Borobudur. Tak hanya itu, dia juga menceritakan pengalaman para Bhikku yang tidur di alam terbuka di bukit tersebut. Dia memaknai sejatinya semua tempat di bumi sama saja. "Tujuan Thudong melepaskan keinginan duniawi. Tidur di luar supaya merasa semua (tempat tidur) sama saja," ungkapnya.

Dia juga berpesan agar Indonesia selalu memegang kerukunan beragama yang sudah ada seperti saat ini. Kemudian tidak memisahkan agama dari negara.

Dari Kota Semarang Bhikkhu Thudong melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati rute wilayah Kabupaten Semarang dengan melintasi jalan raya Ungaran, Karangjati,Bawen. Di Bawen Bhikku Tudhong saat beristirahat di SPBU Bawen disambut langsung oleh  Forkopimca Bawen, diantaranya Camat, Kapolsek dan Danramil Bawen.

Camat Bawen Dewanto Leksono W, S.STP, M.M mengatakan bahwa penyambutan Bhikku Tudhong asal Thailand oleh Forkopimca Bawen dan  segenap elemen  masyarakat di kabupaten Semarang merupakan wujud tolorensi  dan kebersamaan antar umat beragama. Rombongan Bhikkhu selanjutnya melanjutkan perjalanan melintasi Ambarawa, Bandungan, Semowono, Temanggung dan tujuan terakhir di Candi Borobudur. ( Endar W)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)