Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

31 Maret 2024

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

PURWOREJO, suarakpk.com – Bazar Pangan Ramadhan Pemerintah Kabupaten Purworejo bakal mewarnai pesona Ramadhan 1445 H. Kegiatan akan dilaksanakan secara bergantian selama bulan Ramadhan di 15 kecamatan, kecuali Kecamatan Purworejo.

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan serta Desa Tursino Kecamatan Kutoarjo menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan Ramadhan, nampak hadir dalam Bazar Pangan Ramadhan Kepala Dinas KUKMP, Kabag Perekonomian, Kabag Prokopim serta Forkopimcam setempat.

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kebutuhan bahan pokok penting (bapokting) di masyarakat cenderung mengalami peningkatan pada saat bulan suci Ramadhan, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani sekaligus mengurangi daya beli masyarakat. 

”Dari hasil pantauan bersama Forkopimda, stok bapokting di Kabupaten Purworejo dalam kondisi aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Meski demikian, untuk menyikapi fenomena terjadinya lonjakan harga selama Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan berbagai pihak menggelar Bazar Pangan Ramadhan. Antara lain menggandeng kelompok tani untuk menyediakan hasil pertanian, menjual produk dari forum UMKM, serta fasilitasi Bulog dalam penyediaan beras,” ungkap Yuli Hastuti. Senin (25/03/2024).

Melalui pelaksanaan Bazar Pangan Ramadhan, Bupati berharap dapat menjaga stabilisasi pasokan dan harga barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, mendekatkan produsen kepada konsumen agar distribusi lebih efisien, serta sebagai sarana memperkenalkan produk UMKM. Selain itu, diharapkan dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau.

”Namun pada dasarnya, hikmah yang dapat dipetik dari pelaksanaan pasar murah ini, yaitu memperat hubungan Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan masyarakat. Terlebih saat ini, dalam suasana bulan penuh berkah, kita dianjurkan untuk saling membantu antar sesama, terutama warga yang kurang mampu,” katanya.

Bazar pangan ini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi masyarakat Purworejo untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat secara ekonomi, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan di wilayah tersebut. (Alex/Bw/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)