Kunjungan DPRD Komisi III Pacitan ke Obyek wisata Telaga Jonge Gunungkidul - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

07 Februari 2024

Kunjungan DPRD Komisi III Pacitan ke Obyek wisata Telaga Jonge Gunungkidul


Gunungkidul, Suarakpk.com - DPRD Komisi III Kabupaten Pacitan lakukan kunjungan kerja di Obyek Wisata Telaga Jonge, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Selasa ( 06/02/2024 ). Kunjungan tersebut bertujuan untuk penyerapan retribusi serta pemberdayaan masyarakat melalui bidang pariwisata.

Wakil ketua DPRD Provinsi Pacitan, Ranu Mengatakan bahwa tujuan utama studi banding ke Obyek Wisata Telaga Jonge sengaja dipilih karena dinilai berhasil dalam mengelola  potensi wisata berbasis pemberdayaan masyarakat. Selain itu,  Wisata Telaga Jonge adalah satu-satunya Obyek Wisata yang tergolong unik dan di wisata inilah nilai mata uang rupiah tidak berlaku. Karena setiap pengunjung yang datang akan menukarkan uang mereka dengan koin yang bisa digunakan untuk berbelanja di lapak pedagang yang tersedia.

"Kami dari DPRD Komisi III Kabupaten Pacitan ingin belajar bagaimana penyerapan retribusi serta tata kelola pemberdayaan masyarakat melalui bidang pariwisata,"terang Ranu.

Sementara itu, Kepala Bidang Dinas Pariwisata Gunungkidul Sujarwo menjelaskan bahwa Wisata Telaga Jonge mulai berkembang dan di launching pada tahun 2017 yang kala itu diresmikan langsung oleh Bupati Gunungkidul Hajah Badingah.

"Saat itu Wisata Telaga Jonge berawal dari program dari Kementrian Pariwisata terkait pengembangan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat, sehingga dengan adanya hal itu kami sangat support,"ucap Sujarwo.

Dengan adanya konsep tata kelola wisata berbasis pemberdayaan masyarakat, Sujarwo berharap akan membuka lapangan kerja yang lebih luas lagi di wilayah tersebut. Sehingga para pemuda akan lebih cinta dan bangga bekerja di desanya sendiri.( Gunawan / red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)