Kordinator Keamanan (KORKAM) KPH Randublatung Melaksanakan Sosialisasi BINKORPOLSUS Dengan Polres Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Pelantikan Presiden


 


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

09 Februari 2024

Kordinator Keamanan (KORKAM) KPH Randublatung Melaksanakan Sosialisasi BINKORPOLSUS Dengan Polres Blora



Blora.suarakpk.com -  perum Perhutani hari   Kamis (08/02/2024) Perum Perhutani KPH Randublatung melaksanakan kegiatan Pembinaan Dan Koordinasi Polisi Khusus (BINKORPOLSUS). Rabu (07/02/2024).

Guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang hukum dan tindak pidana di bidang kehutanan bertempat di Pos 22 RPH Banyuasin BKPH Ngliron KPH Randublatung hari Rabu tanggal 07 februari 2024 Koordinator Keamanan ( KORKAM) melaksanakan kegiatan Pembinaan Dan Koordinasi Polisi Khusus (BINKORPOLSUS). Pada kegiatan tersebut dihadiri Oleh Administratur KPH Randublatung Ida Jatiyana, S.Hut, Waka Adm Agus Kusnandar, BScF, Kasat Binmas Polres Blora AKP Lilik Widyastuti, S.H, beserta Anggota Polres Blora, Segenap Asper KBKPH, Perwakilan KRPH dan Polter.

Dalam sambutannya Administratur KPH Randublatung Ida Jatiyana menyampaikan kepada segenap peserta kegiatan bahwa, Perum Perhutani sebagai Badan Usaha Milik Negara diberikan kewenangan oleh Pemerintah untuk melaksanakan pengelolaan dibidang Hutan dan Kehutanan. Hutan sebagai satu kesatuan ekosistem  berupa hamparan lahan yang didalamnya terdapat sumber daya alam hayati yang di dominasi oleh pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya satu sama lain tidak dapat dipisahkan, dimana sistem kepengurusannya baik yang bersangkut paut dengan hutan, kawasan hutan di selenggarakan secara terpadu oleh kita. Untuk itu Panjenengan sebagai ujung tombak dilapangan harus meningkatkan skil dan kemampuan dalam memahami tugas dan tanggung jawab dilapangan, maka perlu diberikan pembekalan tentang pengetahuan hukum dan tindak pidana yang sering terjadi di saat menjalankan tugas di lapangan. Saya percaya bahwa panjenengan orang – orang yang luar biasa, baik dalam berkomunikasi dengan masyarakat sekitar hutan, berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan sebagainya. Pada kesempatan ini sebagai wahana untuk penyegaran mengingat kembali apa yang sudah pernah kita dapatkan sebelumnya. Jelasnya. 

Kasat Binmas Polres Blora AKP Lilik Widyastuti, S.H dalam arahannya juga menyampaikan kegiatan Binkorpolsus ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja bagi Polisi Khusus Kehutanan. Dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Undang – Undang Nomor : 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan dan Undang – Undang Nomor : 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No. P75 tahun 2014 Tentang Polisi Kehutanan, tugas dan fungsinya adalah Pre-emtif; merupakan kegiatan yang ditujukan guna mencegah, menghilangkan, mengurangi, menutup niat seseorang atau kelompok untuk melakukan tindak pidana kehutanan, dilakukan dengan cara penyadaran, penyuluhan, pembinaan dan pendampinggan masyarakat. Preventif merupakan kegiatan yang ditujukan guna mencegah, menghilangkan, mengurangi, menutup kesempatan seseorang atau kelompok untuk melakukan tindak pidana kehutanan. Kegiatan preventif ini bisa dilakukan dengan patroli/perondaan di dalam kawasan hutan, penjagaan sesuai perintah pimpinan dikawasan wilayah hukumnya. identifikasi kerawanan, gangguan dan ancaman; Represif. merupakan kegiatan penegakan hukum yang bersifat non yustisia untuk mengurangi, menekan atau menghentikan tindak pidana kehutanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan melakukan operasi penegakan hukum, pengumpulan bahan keterangan, pengamanan barang bukti, penangkapan tersangka dalam hal tertangkap tangan, pengawalan tersangka, saksi atau barang bukti. Tandasnya. 


AIPTU M. Ghozali PS. Kanit Tibsos menambahkan Pada kesempatan ini ada 3 kegiatan yaitu Beladiri Praktis, PBB dan Materi. Kita harus mengasah kembali kemampuan kita dalam latihan beladiri sebagai bekal dalam menjalankan tugas dilapangan karena tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah perlu skil yang mumpuni dan mental yang kuat. Kemudian kita berlatih PBB ini untuk melatih kedisiplinan, kekompakan dan kebersamaan agar dalam tugas mendapatkan hasil yang baik juga maksimal. PBB juga salah satu upaya untuk membentuk karakter dan watak tertentu dengan cara kedisipinan, sedangkan pemberian materi ini nanti untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga memahami akan apa yang dilakukan pada saat menjalankan tugas menemukan berbagai macam permasalahan agar dapat mengambil sebuah keputusan yang baik dan bijaksana. Tambahnya. 

Semoga kegiatan yang sudah dilaksanakan dan memberikan manfaat dan sebagai bekal dalam menjalankan tugas.jelasnya.(Dwi/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)