Penilaian Pemanfaatan Lahan Pekarangan Lumbung Mataraman Tlinsing, Pundungsari, Semin, Gunungkidul - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Pelantikan Presiden


 


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Juni 2023

Penilaian Pemanfaatan Lahan Pekarangan Lumbung Mataraman Tlinsing, Pundungsari, Semin, Gunungkidul

Gunungkidul, suarakpk.com - Lumbung Mataraman Tlinsing didirikan pada awal tahun 2022 melalui instruksi Lurah Pundungsari ( Tumin) dalam rangka untuk menjaga ketahanan pangan di wilayah Kalurahan Pundungsari. Harapannya nanti, warga mampu menjaga ketersediaan pangan secara berkesinambungan. 

Selain itu, dengan memperdayakan masyarakat dengan konsep " Dari, Oleh dan Untuk masyarakat" dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Tujuan didirikannya Lumbung Mataraman " Tlinsing" ini adalah untuk menjaga ketersediaan pangan tanpa fluktuasi dari musim ke musim atau tahun ke tahun. System penanaman organic yang diterapkan di Lumbung Mataraman " Tlinsing " membuat kualitas pangan yang dihasilkan menjadi lebih sehat dan berkualitas. 

Modal awal pembentukan Lumbung Mataraman Tlinsing berasal dari kas RT 01 dan RT 02 sebesar Rp. 550 ribu dan donatur Dukuh Sedino Rp. 250 ribu. Dengan modal Rp. 800 ribu tersebut, telah menghasilkan uang sebesar lebih dari satu juta rupiah, dari hasil beberapa kali panen, pada satu musim tanam dengan beberapa kali tambal sulam tanaman yang berusia / berumur pendek. 

Acara tersebut diselenggarakan pada Kamis (8/6/2023) nampak di hadiri Lurah Pundungsari Tumin, Panewu Semin Haryanto, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Raharjo Yuwono, Babinsa, Babinkhamtibmas, warga masyarakat. Dalam acara tersebut di meriahkan oleh kesenian tretek warga Sedono dan seni Karawitan SD Sedono.

Tumin selaku Lurah Pundungsari berharap

"Harapan kami kedepannya untuk ketahanan pangan warga kalurahan pundungsari dari setiap warga, dari setiap kk  mempunyai penggarapan lahannya yang tidak tergarap bisa tergarap dengan baik dan untuk menopang ekonomi keluarganya, " harapnya. ( Gun / red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)