Lestarikan Budaya Sedekah Bumi di Desa Kenteng, Susukan Kab.Semarang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan


 

Iklan


 

Iklan


 

HUT RI ke 79


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

19 September 2022

Lestarikan Budaya Sedekah Bumi di Desa Kenteng, Susukan Kab.Semarang

Kab.SEMARANG, suarakpk.com – Dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai upaya melestarikan adat budaya jawa, belum lama ini, Sabtu (17/09/2022), masyarakat Desa Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang menggelar upacara sedekah Bumi.

Sebagaimana diketahui bahwa sedekah bumi, merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam yang dilakukan bulan apait pada penangalan Jawa.  Upacara ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat dan kenduren yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian, maupun tempat tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat desa.

Upacara ini sudah berlangsung turun temurun dari nenek moyang kita, dan berkembang di pulau Jawa, terutama di wilayah yang kuat akan budaya agraris. Sedekah bumi atau apitan juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga. Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya jawa. 

Kepala Desa Kenteng, Muhammad Mujib didampingi Sekertaris Desa Muhsin menuturkan, bahwa, sebelum puncak kegiatan, Desa Kenteng Kecamatan Susukan telah mengelar kegiatan bersih bersih dusun dan arak arakan warga.

“Arak-arakan dimulai dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan berakhir di Balai Desa, dengan jarak kurang lebih 500 meter, diikuti 7 dusun, diantaranya, dusun Krajan, Sukorejo, Tegalsari, Niten, Talok, Kragoan, Dalaman, iringi dengan dramben, reok, rebana dan lain lain sampai Baledesa dilanjutkan seserahan, doa dan makan bersama,” tuturnya. 

Dijelaskan Mujib, bahwa setelah rangkaian kegiatan sedekah bumi, pada malamnya dilanjutkan dengan pagelaran Wayang Kulit dari Boyolali, dengan Ki Dalang Hadi sugino bersama grup Handoyo Laras mengangkat lakon, “Wahyu Ponco Tunggal”.

“Untuk tamu yang kita undang, Bupati Semarang, H.Ngesti Nugraha,SH.,MH.  juga DPRD dari beberapa wilayah Kecamatan Susukan dan tokoh tokoh masyarakat Desa Kenteng," jelasnya. 

Lebih lanjut, Mujib mengungkapkan, rasa terimakasihnya kepada warga masyarakat Kenteng yang telah mendukung terselenggaranya upacara sedekah bumi, dari sejak awal hingga selesai.

“saya ucapkan terimakasih atas dukunganya kegiatan ini, yang kami adakan setiap satu tahun sekali, tidak semakin kecil, namun alhamdhulilah semakin besar, saya ucapakan terimakasih doa, kami selaku wakil dari masyarakat Desa Kenteng, semoga sodakoh panjenengan semua, diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan imbalan yang lebih dari penaburan yang anda sedekahkan ke desa, mudah mudahan kita berdoa bersama ada sedikit kelebihan, artinya doa yang dilaksanakan bersama, mudah mudahan Allah SWT memberikan lebih dan mengabulkan doa doa kita bersama," pungkasnya. (Erwanto/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)