Perhutani KPH Randublatung Berikan Dana Sharing produksi ke LMDH Sebesar 2,3 M. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


HUT Pancasila


 

HUT SUARAKPK Ke 15


 

Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

Idul Fitri


 

19 Februari 2022

Perhutani KPH Randublatung Berikan Dana Sharing produksi ke LMDH Sebesar 2,3 M.


BLORA, suarakpk.com - Kesatuan pemangku hutan (KPH) Randublatung Kec Randublatung Kab Blora kembali menyerahkan dana sharing produksi kayu tebangan tahun 2018/2019 sebesar Rp. 2.311.423.407,- ( Dua Miliar Tiga Ratus Sebelas Juta Empat Ratus Dua Puluh Tiga Ribu Empat RatusTujuh Rupiah ).


Dana tersebut diserahkan kepada 25 lemabaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Kerja KPH Randublatung, penyerahan dilakukan oleh Administratur /KKPH Randublatung Dewanto di Aula Kantor Perhutani KPH Randublatung, Jumat (18/2/2022).


Hadir dan menyaksikan penyerahan dana sharing produksi tersebut dari masing - masing Kepala desa selaku Pembina LMDH penerima sharing, Sekretaris Kecamatan Randublatung Bukri, Sekretaris Kecamatan Jati Bambang Edy Sutomo, sekretaris kecamatan Bajarejo Sujito, dan segenap pejabat Perhutani KPH Randublatung.


Sharing pruduksi yang diberikan ke masyarakat desa hutan ini merupakan bentuk kepedulian Perum Perhutani dalam ikut serta mensejahteraakan masyarakat kususnya yang berada di sekitar hutan.


Dimana dana ini yang nantinya akan di kelola oleh LMDH dan pemerintah desa untuk usaha produktif, pengembangan UMKM , pertanian, pertenakan dan pembangunan desa, kegiatan sosial kemasyarakat, pengembangan agroforestry yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa hutan .


Administratur Perhutani KPH Randublatung dalam sambutanya mengatakan, 


“ Setelah bulan Desember 2021 kemarin kami memberikan dana sharing produksi tahun 2020 sebesar kurang lebih 1.3 M, kembali hari ini kami memberikan dana bagi hasil atau sharing produksi tahun 2018/2019 sekitar 2,3 M lebih, ini adalah hasil dari sinergisitas kerjasama yang dibangun antara Perhutani dan masyarakat dalam pengelolaan hutan,” katanya.


Lebih lanjut Dewanto mengatakan, “semoga dengan adanya dana sharing dari produksi kayu ini, diharapkan dapat meningkatkan usaha - usaha produktif masyarakat desa hutan dengan bimbingan  LMDH, sehingga masyarakat desa sekitar hutan lebih sejahtera.”



 Nyomo (47) ketua LMDH Wana Lestari  Desa Jegong Kecamatan Jati  kepada media suarakpk com, menyapaikan terimaksih kepada  Perum Perhutani atas dana  sharing yang diserahkan kepada LMDH wana lestari  yang dipimpinnya.


"Dana ini akan kami kelola dengan pemerintah desa untuk untuk pengembagan kegiatan usaha produktif dan bangunan fisik yang  ada di desa kami, “ ujar Nyomo  yang saat ini desanya menerima sharing hampir  Rp. 500 juta.


(Dwi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)