Kejari Purwokerto Peringkat Dua Segi Penanganan ǀ SUARAKPK

Kategori ° Suara Daerah

Kejari Purwokerto Peringkat Dua Segi Penanganan

Diposting pada 24 December 2012 oleh Redaksi

Banyumas, suarakpk.com – Kejaksaan Negeri Purwokerto selama tahun 2012 melakukan penanganan perkara korupsi meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Ketika ditemui Kasi tindak pidana korupsi (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Purwokerto, Hasan Nurudin Achmad, mengatakan, kasus korupsi yang ditangani baik yang masih tahap penyelidikan sampai dengan vonis ada tujuh kasus. Tahun lalu, di bawah lima kasus. Sedangkan uang negara yang mampu diselamatkan, sekitar Rp 11,5 miliar.
’’Kasus terakhir adalah kasus jual beli tanah di Gunung Tugel, tapi ini masih dalam tahap penyidikan dan belum kami umumkan tersangkanya,’’ katanya.
Dalam kasus ini, menurutnya, ada indikasi terjadi jual beli aset pemerintah, berupa tanah di kawasan Gunung Tugel dengan pemilik perorangan, nilai kerugian negera diperkirakan mencapai sekitar Rp 11 miliar sendiri.
Hasan menambahkan, penangan kasus korupsi tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam arti kasus yang mampu diungkap, baik hasil temuan sendiri, pengembangan kasus maupun hasil laporan masyarakat jumlahnya lebih besar dibanding dengan tahun lalu.
’’Kalau dari segi penanangan perkara yang ditangani lebih banyak. Kalau ditanya soal efek jera ini fenomena tersendiri,’’ ujarnya.
Dia menandaskan, dari segi penanganan perkara, Kajati Jateng menilai Kejari Purwokerto dalam peringkat kedua. Adapun untuk peringkat pertama adalah Kejari Semarang.
“Perkara lain yang masih dalam tahap penyelidikan adalah kasus di Desa Karangtengah Kecamatan Baturraden. Dugaan korupsinya yakni mark up pada saat penjualan tanah dan diduga melibatkan pimpinan desa setempat,” katanya.
Untuk penyidikan kasus lainnya, jelas Hasan, yakni PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah operasional (Daop) V Purwokerto dengan nilai kerugian Rp 750 juta dengan satu orang tersangka. (RUS)
If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

Komentar ditutup.